DEBAT
BAHASA INGGRIS
A. PENGERTIAN
1.
Debat
merupakan kegiatan memperjuangkan argument tim dengan cara menyampaikan
bukti-bukti yang kuat dan relevan agar argument tim menang.
2.
Meyakinkan
juri/adjudicator bahwa argnument tim adalah argument tim adalah argument yang
valid, kuat, dan benar.
B. PESERTA
Peserta debat
disebut dengan DEBATERS
Debat bahasa
inggris terdiri dari 2 tim yang saling berlawanan,
1.
Tim
positif (affirmative/government team). Tim positif adalah tim yang mendukung/setuju
dengan topik(motion).
2.
Tim
negatif (opposition team). Tim negatif adalah tim yang menentang atau tidak
setuju dengan topik yang diperdebatkan.
Dalam
setiap tim terdiri dari 3 debaters, yaitu:
-
Pembicara
pertama (first speaker)
-
Pembicara
kedua (second speaker)
-
Pembicara
ketiga (third speaker)
Ada juga yang disebut dengan reply
speaker yang nantinya akan memberikan dan menyampaikan reply
speech (overview debate) yang diambil yang diambil dari pembicara
pertama atau pembicara kedua.
C. PENJURIAN
Dalam debat bahasa inggris, jumlah juri
selalu ganjil unutk menghindari adanya “seri”. Juri dalam debat disebut adjudicator.
Dalam debat bahasa inggris ada juga yang
disebut dengan chairperson yaitu orang yang memimpin jalannya debat, dan ada
juga time
keeper yaitu orang yang bertugas menghitung waktu bicara debaters.
Standar waktu bicara untuk tiap debater adalah 7 menit.
D. TOPIK DEBAT
Topik
yang diperdebatkan dalam debat bahasa inggris disebut MOTION. Motion biasanya
diawali dengan,
THW(This House
Would....)
THBT (This House
Believe That....)
Apabila
motion diawali dengan dengan THW, ini berarti proposal debate,
maksudnya adalah peserta debat harus memberikan argument yang disertai dengan
solusi dan langkah-langkah yang harus dilakukan (peserta harus mengajukan
proposal) dalam solusi tersebut. Apabila motion diawali dengan THBT maka debat
itu adalah philosophical debate, maksudnya adalah dalam debat itu nantinya
hanya akan memperdebatkan bahwa sesuatu hal (yang disebutkan dalam motion
tersebut) benar atau salah, baik atau tidak, signifikan atau tidak, tanpa
memberikan langkah-langkah atau solusi penyelesaian. Baik motion THW maupun
THBT, semua argument harus selalu disertai dengan bukti-bukti dan fakta-fakta
yang relevan dan kuat serta contoh-contih yang relevan. Motion ada yang bisa
langsung diperdebatkan dan ada juga yang harus didefinisikan terlebih dahulu.
Contoh-contoh
motions;
-
THW
stop importing rice
-
THW
ban alchoholic drinks
-
THBT
homeschooling is not good, dsb
E. CARA MENDEFINISIKAN MOTION
Mendefinisikan
motion maksudnya adalah mendeskripsikan motion agar lebih jelas dan lebih fokus
atau lebih spesifik. Yang berhak mendefinisikan motion adalah affirmative team
(team positif). Sedangkan tim negatif hanya berhak menyetujui atau menentang
definisi tersebut. Apabila tim negatif menyetujui definisi itu maka debat akan
dilanjutkan sesuai dengan motion yang telah didefinisikan tersebut. Perlu
diketahui oleh semua debaters bahwa yang diperdebatkan adalah theme
line bukan definisi ataupun motion debat. (theme line akan dijelaskan
lebih lanjut nanti)
Jika tim negatif
tidak setuju dengan definisi yang diajukan oleh tim positif, maka tim negatif
harus menentang definisi tersebut dan memberikan definisi baru yang benar.
Tindakan menentang definisi yang disampaikan oleh tim positif ini dinamakan
dengan CHALLENGE DEFINITION. Akan tetapi tim negatif harus benar-benar
teliti dan hati-hati sebelum melakukan CHALLENGE DEFINITION ini, karena
definisi yang bisa ditentang hanyalah definisi yang,
-
TRUISTIC :
definisi yang sudah benar dan tidak dapat diperdebatkan lagi
-
TAUTOLOGICAL/ CIRCULAR : definisi yang berputar-putar sehingga
tidak jelas pointnya
-
SQUIRELLING :
definisiyang tidak ada kaitannya dengan topik
-
TIME AND PLACE SETTING : definisi yang mengambil setting
background dengan waktu yang tidak tepat, misalnya mengambil kejadian yang
sudah sangta tidak up to date, sehingga sulit diperdebatkan.
Untuk
mendefinisikan motion, kita harus mengambil kata kunci yang penting dari motion
tersebut dan mendefinisikannya sesuai dengan topik yang aktual yang bisa
diperdebatkan. Misalnya, kita ambil motion “THW ban alchoholic drinks”. Disini
ada dua kata penting, yaitu “ban” dan “alchoholic drinks”, kita harus
mendefinisikan kata tersebut tidak sekedar definisi berdasarkan kamus. Ban
(melarang=prohibit=not allow) maksudnya melarang yang bagaimana dan seperti
apa.
Kemudian kata
“alchoholic drinks” juga harus didefinisikan, tidak hanya sekedar “minuman
beralkohol” saja tetapi juga perlu disertakan dengan “minuman beralkohol dengan
kadar .....%”, dengan disertai ALASAN POKOK yang merupakan IDE POKOK atau yang
biasa disebut dengan THEME LINE. THEME LINE ini menjawab dari pertanyaan
MENGAPA. Mengapa suatu hal harus dilarang, mengapa hal harus dihentikan,
mengapa suatu hal tidak harus dilarang, dsb. Theme line inilah yang akan
diperdebatkan dalam debat bahasa inggris.
INGAT: Definisi
dari tim positif harus JELAS, LOGIS sesuai motion, dan bisa diperdebatka/ada
untuk diperdebatkan (debatable).
F.
ARGUMENT
Setiap argument
yang baik harus selalu memuat A-R-E-L, yaitu
Assertion :
kalimat berisi pernyataan dari argument yang akan disampaikan.
Reasoning :
alasan yang mendukung pernyataan argument.
Evidences :
bukti-bukti dan fakta-fakta yang mendukung argument dan alasannya.
Link back :
mengaitkan kembali dengan pokok bahasan (theme line)
G. REBUTTLE
Rebuttle adalah
sanggahan dari argument lawan, yang harus di-rebut adalah argument pokok dari
tim lawan. Rebutlle biasanya berdasarkan pada:
-
Fakta
yang salah (error facts)
-
Bukti
yang tidak relevan (irrelevan proof)
-
Hal-hal
yang tidak masuk akal (illogical)
H. JOB DESCRIPTIONS OF DEBATERS
AFFIRMATIVE TEAM
First speaker:
-
Menyampaikan
motion
-
Memberikan
background (latar belakang mengapa bisa muncul motion seperti itu, background
ini dikaitkan dengan berita aktual yang berkaitan dengan motion)
-
Menyampaikan
definisi dari motion
-
Menyampaikan
room of debate (apa yang akan
diperdebatkan dalam debat nanti)
-
Menyampaikan
stance dari timnya (posisi dari
timnya, apakah setuju atau tidak setuju dengan topik, tim positif akan selalu
setuju dengan theme line, sedangkan tim negatif tidak setuju)
-
Menyampaikan
theme line
-
Menyampaikan
team split (pembagian kerja tim)
-
Menyampaikan
argument pokok
-
Menyimpulkan
dan mengaitkan dengan topik
Second speaker:
-
Me-rebut argument pokok first speaker tim
negatif
-
Mengklarifikasi
lagi kasus tim positif
-
Menyampaikan
argument pokok second speaker
-
Mengaitkan
argument pokok dengan topik/theme line
-
Menyimpulkan
dan menyampaikan kembali theme line tim positif
Third speaker:
-
Me-rebut argument pokok second speaker tim
negatif
-
Mengklarifikasi
kasus tim positif
-
Mengulas
kembali argument yang telah disampaikan oleh first dan second speaker tim
positif
-
Menekankan
kembali rebutal yang disampaikan oleh
first dan second speaker tim positif, sambil terus menentang argument tim lawan
-
Memberikan
lebih banyak contoh yang relevan dengan topik
-
Menyimpulkan
apa yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang disampaikan dengan topik
-
INGAT:
pada third speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas
utama pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari
waktu bicara untuk rebutal)
NOTE: yang
berhak menyampaikan argument hanya pembicara 1 dan 2, karena waktu pembicara 1
banyak tersita untuk definisi, background, team split, dsb, maka argument yang
paling inti sebaiknya disampaiakan oleh pembicara 2.
NEGATIVE TEAM
First speaker:
-
Merespon
definisi yang disampaikan oleh first speaker tim positif; menyampaikan apakah
menerima atau menolak definisi tersebut (accepts
or challenges the defiintion)
-
Rebut / sanggahan
argument yang disampaikan first speaker tim positif
-
Menyampaikan
theme line tim negatif
-
Menyampaikan
theme split (pembagian kerja) tim negatif
-
Menyampaikan
argument pokok
-
Menyimpulkan
dan mengaitkan dengan topik
Second speaker:
-
Me-rebut argument pokok second speaker tim
positif
-
Rebuild kembali/ tegakkan
lagi kasus /theme line tim negatif
-
Menyampaikan
argument pokok second speaker negatif
-
Mengaitkan
argument dengan theme line atau topik
-
Menyimpulkan
dan menyampaikan kembali theme line tim negatif
Third speaker:
-
Rebut argument yang telah
disampaikan oleh tim positif
-
Sampaikan
kembali theme line / kasus yang disampaikan tim negatif; mengulas kembali
argument yang telah disampaikan first and second speaker tim positif
-
Menekankan
kembali rebutal yang disampaikan oleh
pembicara 1 dan 2 tadi, sambil terus menentang argument tim lawan
-
Memberikan
lebih banyak contoh yang relevan dengan topik
-
Menyimpulkan
apa yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang disampaikan.
-
INGAT:
pada third speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas
utama pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari
waktu bicara untuk rebutal)
REPLY SPEAKER
Reply speaker untuk tim positif maupun tim
positif memiliki tugas:
1.
Overview
the debate (mengulas kembali apa isi debat yang telah berlangsung tadi):
-
Clash
of the debate (ketidakcocokan antara tim negatif dengan tim positif tadi,
perbedaan pendapat yang terjadi tadi disampaikan)
-
Menyampaikan
argument apa saja yang telah disampaikan timnya
-
Menyampaikan
argument apa saja yang telah disampaikan tim lawan
-
Menyampaikan
kelebihan dari argument timnya dan kelemahan dari argument tim lawan
-
Menekankan
bahwa argument timnya lebih bagus dan lebih berhak untuk menang berdasarkan
kelebihan argument timnya tadi. Jangan lupa untuk tetap dikaitkan dengan topik
yang diperdebatkan.
2.
Reply
speech bukanlah rebutal, jadi di sini
sudah tidak boleh ada lagi rebutal, maupun
hal-hal atau contoh-contoh baru.
3.
Yang
bisa menjadi reply speaker adalah pembicara pertama atau pembicara kedua.
I.
TIMING DALAM DEBAT BAHASA INGGRIS
Tiap
debater diberi waktu 7 menit untuk menyampaikan subtantive speech-nya (watu
berbicara pada pembicara 1,2, dan 3). Tapi tidak untuk reply speech, untuk
reply speech ini biasanya hanya 5 menit saja.
Jadi,
untuk masing-masing tim diberi waktu:
-
First
speaker : 7 menit (subtantive speech)
-
Second
speaker : 7 menit (subtantive speech)
-
Third
speaker : 7 menit (subtantive
speech)
-
Reply
speech : 5 menit (reply speech)
Pada
subtantive speech tersebut, pada setiap menit ke-6 akan diberi tanda ketukan
satu kali oleh time keeper. Diberi ketukan 2 kali pada menit ke-7, dan ketukan
berulang-ulang pada menit ke-7 lebih 20 detik. Apabila terjadi undertime
(kurang waktu, misal kurang dari 6 menit) akan mengurangi nilai. Apabila sudah
diberi ketukan berulang-ulang tapi pembicara belum berhenti berbicara, maka apa
yang dibicarakan atau disampaikan sudah tidak akan didengarkan lagi oleh juri,
dan hal ini juga bisa mengurangi nilai.
Pada
reply speech, pada menit ke-4 akan diketuk 1x, menit ke-5 akan diketuk 2x, dan
pada menit ke-5 lebih 20 detik akan diketuk berulang-ulang.
J. ASPEK YANG DINILAI DALAM DEBAT BAHASA INGGRIS
Ada 3 aspek yang
dinilai dalam debat bahasa inggris:
1.
Manner
dinilai 40%, meliputi:
Delivery
(public-speaking skills): bagaimana cara penyampaian argument, efektif atau
tidak.
Vocal style (volume
suara), penggunaan bahasa, penggunaan catatan, kontak mata, gesture
(gerakan-gerakan tubuh), posisi berdiri (stance), pakaian, humor, personal
attack on opponents
2.
Methode
dinilai 20%, meliputi:
Structure and
organization (struktur/sistematika penyampaian pidato, urut atau tidak mulai
dari awal sampai akhir sesuai dengan tugas sebagai first, second atau third
speaker)
Overtime or
undertime?
Kemampuan untuk
merespon kasus/argument yang disampaikan lawan
3.
Matter
dinilai 40%:
Materi /isi yang
disampaikan dalam speech-nya, apakah relevan atau tidak, berbobot atau tidak.
PENILAIAN:
VICTORY POINT, SCORE, MARGIN
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuswahh makasih banyak.. sangat terbantu nih :)
BalasHapusiya, terima kasih
Hapussemoga menjadi "debater" yang sukses
Aamiin
Hapussangat membantu :))
BalasHapusTerima kasih banyak telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat
Hapusthanks so much :) this is out of my knowledge about the rules of debate, very nice post :)
BalasHapusthanks a lot :)
Hapusgreat explanation! btw where do you come from? are you varsity debater?
BalasHapusYogyakarta, i'm senior high school
HapusBisa anda jelaskan THW apply universal jurisdiction to crimes against the environment
HapusThank u so much
BalasHapusIn mei i'll have debate competition and i'll learn how to be a good debater...... from this article.....
your welcome :-)
Hapusgood luck, buddy !
may I know your fb ?
HapusI want to chat more about your article
and learn from you
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusWah, Sangan Membantu, Thanks Ya, Soalnya Besok Mau Debat :D
BalasHapusWah... Makasih infonya
BalasHapussemoga membantu
Hapusthanks banget , dengan ini saya bisa membuat motion nya dengan baik .
BalasHapussama-sama, good luck ya :)
Hapus*masih belum ngerti soal menyampaikan motion dan menyampaikan background.* bisa dijabarin sedikit? asap please..
BalasHapusdefinisi dari background itu sendiri adalah alasan kenapa motion tersebut bisa muncul, background disampaikan oleh pembicara pertama dari team positive, jadi, dalam menyampaikan background, kita memahami dulu apa inti dari motion,
HapusNaah, kalo untuk menyampaikan motion, sebenernya setelah argumen telah kita sampaikan kita kaitkan lagi dengan motion tersebut, jadi tetep ada semacam keterkaitan antara argument yg kita sampaikan dengan motion, terima kasih
terima kasih buat penjelasannya.. sangat bermanfaat untuk English debate class yg saya bina saat ini..
BalasHapussama-sama, senang bisa berbagi pengetahuan :)
Hapusdebater circumtances!! ^^ good job buat penulisnya. By the way may I know your twitter/fb ? we may talk such as debater friends :D i'm senior high school too
BalasHapusIf you are interested on talking about english debate, just follow my twitter @haryyantodwi
Hapusthank you so much, wish it would be usefull
terima kasih tips nya
BalasHapusterima kasih kembali
Hapusgonna have a debate competition tomorrow and this article really helping me , thanks a lot :)
BalasHapusyou're welcome, good luck, fellas
Hapusthank you,, good explanation
BalasHapusvery useful
boleh minta referensinya?apa?
BalasHapusArtikel ini aku tulis berdasarkan pengalaman di debate kak, refrerensinya dr guru pembimbing :-)
Hapusini bagus banget!!
BalasHapusthank u so muchhhh. ngerasa terbantu bgt sama artikel ini
BalasHapusTerimakasih postnya sangat membantu :)
BalasHapusthanks a lot for this knowledge. can you add more about Adjudicator in debate?
BalasHapusI actually learn about beeing a debater, the only thing I know about adjudicator is the number of the adjudicators are always odd to avoid a draw result. That's all :)
HapusSangat-sangat membantu :)
BalasHapusThanks for the information. Help me so much :)
BalasHapusThanks for the information. Help me so much :)
BalasHapusTolong jelasin lagi dong apa thw sama thbt
BalasHapusTolong jelasin lagi dong apa thw sama thbt
BalasHapuspada dasarnya perbedaan antara motion THW dan THBT adalah ketika motion sebuah debat itu berbentuk THBT, maka debater hanya perlu menyampaikan setuju atau ngga nya terhadap motion
Hapustapi kalo motion THW debater menyampaikan statement setuju atau engga tapi disertai dengan langkah langkah solusi yang realistis mengenai motion, dalam hal ini debater harus menyampaikan cara dalam mengatasi masalah yg terdapat dalam motion
thanks
sungguh sangat membantu.. makash bgt buat penjelasannya, tadinya bingung karena di suruh jadi time keeper dadakan di debate inggris.. bener2 ga prnh ikut debat dan ga tau sistem dan istilah nya.. wkwk
BalasHapusSangat membantu skli, mohon ijin salin yaa, dalam waktu dekat kami juga akan melaksanakan debat bahasa inggris. Trima kasih..
BalasHapusvery helpful, thanks alot!
BalasHapusthanks alot :)
BalasHapuskeren... makasih bnyk...
BalasHapusMany knowledge in this article , thanks ��
BalasHapusArtikelnya sangat membantu
BalasHapusIni sangat membantu saya untuk ikut debat yg diadakan di smp saya,, terima kasih banyak!!.
BalasHapussorry, could u explain more 'bout reply speaker ? when reply speaker should be deliver the speech ? tq :)
BalasHapusThx a lot
BalasHapusthx u for ur article,its help us a lot.
BalasHapusThanks you:)
BalasHapusThis useful for me:))
Thank you ^^
BalasHapusTerimaksih atas bantuannya
BalasHapusSaya semakin ngerti seperti apa debat itu dan bagaimananya
Thank you!! (≧▽≦)
BalasHapusThank you, tapi katanya di Australian gak ada reply speech, betul galau sih?
BalasHapusWahh sangat membantu kak
BalasHapusThank youu kak🙏😊
Bermanfaat sekali, terima kasih banyak..
BalasHapus